Kamis, 18 Oktober 2012

APA ITU PELAYANAN

Pentingnya Pemahaman Bersama Tentang Pelayanan

Pelayanan berasal dari kata "melayani". Melayani secara etimologi, diartikan sebagai sebuah proses penghormatan secara tulus dengan tindakan kongkrit kepada sesama. Sehingga, pelayanan sering datang dari  kesadaran diri dengan kerendahan hati akan kepedulian pada sesama.

Kata pelayanan sendiri, bersifat universal, sehingga pelayanan sendiri mengandung banyak hal. Banyaknya hal dari istilah pelayanan tersebut, bisa dilihat dari kaca mata sosial, ekonomi, politik, kesehatan, dll. Pengertian pelayanan, sesungguhnya tidak hanya kiai kepada pengikutnya, atau pendeta kepada jemaatnya, pastor kepada umatnya, dll. Pelayanan juga bisa dari dokter kepada pasien, Dokter kepada keluarganya, atau Dokter kepada sesamanya. Pelayanan tidak hanya di Gereja, Mesjid, Wihara dan lainnya. Pelayanan bisa di rumah kumuh, jembatan, dan lainnya, yang sasarannya langsung kepada subjek yang hendak dilayani.

Dengan demikian, pelayanan dari konteks Pemerintahan, tentu pelayanan yang bisa dilihat dan diukur dari meningkatkan pelayanan pemerintahan dari berbagai aspek untuk kemajuan rakyat Papua, baik orang asli Papua maupun Non-Papua di tanah Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar